Rabu, 19 Oktober 2011

Dampak Pengabaian Terhadap Anak

Untuk kesekian kalinya kembali hatiku berkata : Seorang ibu bukan hanya bertugas mengandung dan melahirkan...
Tapi tentunya peran sang Ayah juga turut mempengaruhi, terkadang ( kebanyakan malah - ayah-ayah yang sering ku lihat tidak peduli sama anak -; sepertinya di pikiran mereka tugas mengurus dan mengasuh anak hanyalh kewajiban istri ).
 
Copas ebook tentang psikologi anak, buat catatan semoga kelak bisa menjadi ibu yang terbaik..
Bayi yang dipisahkan dari orang tua akan mengembangkan perasaan tidak aman yang ditampilkan dalam gangguan kepribadian atau kesulitan/hambatan di dalam segi-segi kehidupannya yang menyebabkan munculnya masalah penyesuaian diri di masa yang akan datang. Bagaimana pun juga, pengasuhan yang memadai semasa bayi merupakan kebutuhan yang penting demi tercapainya pertumbuhan fisik dan psikis yang maksimal. 
Menurut Wenar (1991), ketiadaan pengasuhan yang memadai setelah terbentuknya ikatan cinta kasih di antara anak dengan pengasuh akan menyebabkan perilaku yang menyimpang, karena dampak dari kehilangan tersebut sangatlah dirasakan sebagai suatu penolakan atau pun pengabaian.
Dengan kapasitas pemahaman yang masih terbatas akan suatu peristiwa, sang anak akan menterjemahkan kejadian tersebut sebagai bentuk penolakan atas dirinya, ia merasa tidak cukup berharga sehingga tidak pantas untuk dicintai. Hal ini jika berlanjut tanpa sempat diperbaiki, akan menimbulkan masalah terutama dalam pembentukan identitas seseorang serta penyesuaian diri dalam kehidupannya di lingkungan
 
Di kutip dari : Ebook Psikologi Anak dan Pendidikan - Zainul Muttaqin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar